Connect with us

Politik

Fachry – Arobi di SBT, Safitri Pending

AMBON, SPEKTRUM – Surat rekomendasi pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah resmi diumumkan DPP PDIP di lantai V kantor DPP PDIP, Jalan Pangeran Diponegoro No.58 Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (19/02/2020).

Sebanyak 48 nama Paslon kepala daerah-wakil kepala daerah di Indonesia termasuk SBT dan MBD adalah gelombang pertama, yang akan berkompetisi di Pilkada Serentak September 2020 ini. Sedangkan nama paslon kepala daerah-wakil kepala daerah lainnya,  akan diumumkan DPP PDIP pada gelombang kedua nanti.

Dari 48 nama pasangan tersebut, selain MBD juga Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) diberikan kepada Fachry Husni Alkatiri – Arobi Kelian. Sementara kabar tentang Saifitri Malik Soulisa (isteri Tagop Sudarsono Soulisa), yang digadangkan akan direkomendasikan PDIP, hanya saja, nama Safitri belum muncul alias dipending oleh DPP PDIP.

Di Pilkada SBT, DPP PDIP mengusung Fachry Husni Alkatiri dan Arobi Kelian (klader PDIP) sebagai pasangan calon Bupati – Wakil Bupati. Fachry Alkatiri adalah kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Maluku. Sedangkan Arobi Kelian, kader PDIP Kabupaten SBT.

Rekomendasi ini diterbitkan berdasarkan Surat Keputusan DPP PDI-P Nomor 1196/IN/DPP/II/2020 tanggal 18 Februari 2020, yang mana ditandatangani oleh Ketua DPP PDIP, Bambang Wuryanto dan Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristianto.

Pengumuman paslon kepala daerah-wakil kepala daerah ini, disampaikan Sekretaris Jenderal (sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto, dan Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto, di Sektretariat DPP PDIP, Jakarta,  Rabu (19/02/2020).

“Hari ini (Rabu, 19 Februari 2020), PDIP kembali mempelopori suatu tradisi di dalam Pilkada serentak yang kita jadikan sebagai momentum untuk penguatan kelembagaan kepartaian di dalam menyiapakan pemimpin,” ucap Hasto.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristianto, Bersama Fachri Husni Alkatiri, Arobi Kelian

Soal rekomendasi PDIP untuk Fachry dan Arobi, Koordinator Pemenangan Pilkada Kabupaten SBT, Debi Latuconsina, juga Wakil Sekretaris Internal DPD PDIP Maluku mengatakan, setelah penyerahan rekomendasi, akan dilanjutkan dengan agenda Rapat Kerja Daerah (Rakerda) pertama, pada 21 Maret mendatang.

“Rakerda ini untuk konsolidasi hingga tingkat ranting guna kemenangan Fahri dan Arobi sebagai bupati dan Wakil Byupati SBT, Periode 2020-2025,” jelas Debi Latuconsuina saat dikonfirmasi Spektrum dari Ambon, Rabu, (18/02/2020).

Menyinggung apa yang akan dilakukan PDIP Maluku dalam mengawal keputusan DPP PDIP, Debi mengemukakan, instruksi Ketua Umum DPD PDIP Maluku, Murad Ismail, sudah sangat jelas dan tegas.

Menurtunya, keputusan DPP PDIP mengusung Fachry Alkatiri dan Arobi Kelian, maka seluruh kader dan pengurus PDIP di Kabupaten SBT, harus taat (keputusan) dimaksud.

“Harus taat dan siap menjalankan rekomendasi partai untuk kemenangan Fahri Arobi di Pilkada Kabupaten SBT September 2020. Jika ada yang tidak taat, sesuai instruksi ketua langsung di pecat,” tegas Debi menyambung pernytaan Ketum DPD PDIP Malku, Murad Ismail.

Fachry Husni Alkatiri (kanan), Arobi Kelian (tengah), Debi Latuconsina (kanan). /IST

Dalam pengumuman paslon kepala daerah dan wakil kepala daerah khusus dari DPD PDIP Maluku selain Ketua Umum DPD PDI-P Maluku, Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, turut hadir di kantor DPP PDIP Jakarta, yakni Ketua Bappilu DPD PDIP Maluku, Benhur Watubun, Koordinator Pemenangan Pilkada MBD Junaidy Marasabessy, dan Debby Latuconsina, Koordinator Kabupaten SBT. (S-14)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Politik