Connect with us

Sosok

Sertijab Royke 11 Februari

Dapat Apresiasi Sinode GPM – Wagub

AMBON, SPEKTRUM – Setelah dimutasi berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, Nomor : KEP/229/II/2020 tanggal 3 Februari 2020, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), direncanakan 11 Februari 2020, Irjen Pol Royke Lumowa, dan perwira lainnya yang masuk SK mutasi, akan menjalani serah terima jabatan (sertijab) di Mabes Polri, Jakarta.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Mohamad Roem Ohoirat mengatakan, pasca Sertijab 11 Februari, mantan Kapolda Maluku ini masih akan kembali ke Maluku, untuk melakukan kegiatan paralel pada 13 Februari 2020, dan 14 Februari selanjutnya menggelar agenda pisah sambut.

“Pada 11 Februari itu sertijab di Mabes Polri. Selanjutnya pada 13 Februari paralel, dan 14 acara pisah sambut pada malam hari,” ujar Ohoirat kepada Spektrum di ruang kerjanya, Kamis, (06/02/2020).

Sesuai SK Kapolri, ratusan Perwira tinggi dan Perwira Menengah (Pati/Pamen), mulai pusat dan daerah, dimutasikan.

Mutasi tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan lama dan baru dilingkungan Polri ini tertanggal 3 Februari 2020, bahwa posisi mantan Kapolda Maluku yang dijabat Irjen Pol Drs. Royke Lumowa turut diganti.

Mantan Kakor Lantas Mabes Polri ini hanya digeser dari Provinsi Maluku ke Provinsi Sulawessi Utara (Sulut).

Irjen Pol Royke Lumowa menjabat sebagai Kapolda Sulawessi Utara. Dia menggantikan Irjen (Pol) Remigius Sigid Tri Hardjanto, yang dimutasikan ke Polda Kalimantan Barat.

Posisi Irjen Pol Drs. Royke Lumowa  dari Kapolda Maluku digantikan oleh Brigadir Jenderal (Brigjen Pol) Drs. Bahrudin Djafar. Sebelumnya, Brigjen Pol Bahrudin Djafar menjabat sebagai Kapolda Sulawessi Barat (Sulbar).

Surat Keputusan Kapolri Nomor: KEP/229/II/2020 tanggal 3 Februari 2020, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri itu termasuk nama Irjen Royke Lumowa berada di nomor sembilan (setelah Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto).

Sedangkan nama Brigjen (Pol) Bahrudin Djafar berada di nomor atau urutan sepuluh, dari 182 orang Pati/Pamen, yang dimutasikan oleh Kapolri Jenderal Idham Azis.

Sinode GPM

Sekretaris MPH Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM), Pendeta E.T. Maspaitella, mengapresiasi kinerja serta berterima kasih kepada Kapolda Maluku, Irjen Pol Royje Lumowa, yang sudah menjalankan tugas, dengan penuh bertanggungjawab serta menorehkan prestasi terbaik.

“Kami juga mengucapkan selamat datang kepada pak Kapolda Maluku yang baru, Brigjen Pol Baharudin Djafar. Semoga kinerja aparat penegak hukum dalam hal ini Polri tetap maksimal sesuai slogan promoter Polri, profesional-modern dan terpercaya ” ucap Maspaitela kepada Spektrum di ruang kerjanya, Kamis, (06/02/2020).

Menurutnya, dengan kondisi geografis Maluku berkepulauan, kadang jauh dari jangkauan penegakan hukum baik oleh aparat Kepolisian, maupun lembaga penegak hukum lainnya.

“Misalnya, di Kabupaten Maluku Barat Daya atau daerah-daerah pelosok lainnya,” ungkapnya.

Dikatakan, ada kasus pelanggaran hukum misalnya aktivitas perikanan liar yang dilaksanakan nelayan dari luar Maluku, misalnya di Teon, Nila dan Serua atau juga di kawasan Maluku Barat Daya.

“Ini masih jauh dari jangkuan Polairud dan TNI Angkatan Laut. Karena itu meresahkan masyarakat kita di sana, utamanya para nelayan kecil,” tandasnya.

Ia berharap, kedepan jangkauan pelayanan polisi di daerah kepulauan lebih maksimal. Disamping itu, adanya keterlibatan lembaga agama untuk memperkuat stabilitas masyarakat.

“Memelihara perdamaian antar umat beragama yang selama ini sudah terbangun, kiranya Kapolda diberkati Tuhan dalam melaksanakan tanggungjawab di wilayah Provinsi Maluku,” harapnya.

Wakil Gubernur

Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno  menyampaikan kesannya kepada Irjen Pol Royke Lumowa Barnabas Orno, dalam acara pembukaan Kongres PMKRI ke XXXI, di Gedung Xaverius Ambon, Kamis (06/02/2020).

Di depan Menpora, serta ratusan pemuda pemuda dari seluruh Provinsi di Indonesia, Orno bangga dengan Irjen Royke selaku pemimpin Polri di Maluku telah mampu menyusuri laut sepanjang ribuan kilometer dalam waktu satu minggu, dengan menggunakan jet sky.

“Kapolda ini luar biasa, beliau beberapa waktu lalu, menyusuri laut Maluku sepanjang ribuan kilo meter, dengan menggunakan jestkey. Beliau bahkan mendapat rekor muri atas aksi itu. Mestinya kemarin Saya berharap, jalur laut yang dilalui beliau (Kapolda) itu, dinamai jalur Royke Lumowa,”ujar Wagub.

Terkait dengan hobi berolahraga mantan Kapolda, dan cara kepemimpinannya bagi Polri Maluku, dengan pembinaan pembinaan terhadap masyarakat yang dimulaibdari internal polri, dan pesan pesan yang disampaikan melalui suatu tindakan nyata melalui hobi berolahraganya, Wagub berharap, segala perilaku dan tindakan baiknya dapat memotivasi pemuda Maluku maupun pemuda indonesia secara umum.

“Semoga Beliau (Kapolda) bisa menjadi motivator  bagi anak muda di Maluku,”harapnya.

Wagub juga menyampaikan selamat bertugas di tempat yang baru untuk Irjen Royke. Ia juga berterima kasih kepada irjen Royke yang mana selama kepemimpinannya, Maluku tetap dalam kondisi aman dan damai.

“Beliau akan pulang kampung ke Manado. Beliau akan bertugas di Sulut, kampung halamannya. Ternyata hujan emas di negeri orang lebih baik, hujan batu di negeri sendiri. Sebelum pensiun, beliau berkesempatan memimpin di kampung halamannya (Sulut). Selamat bertugas dan terimakasih pak Kapolda,” ucapnya. (S-01/S-07)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Sosok