May 19, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

BNPB Siapkan 7 Ton Anakan Porang

BNPB Siapkan 7 Ton Anakan Porang

AMBON, SPEKTRUM – Sebanyak 7 ton anakan umbi emas atau porang (iles iles) itu, akan didistribusikan BNPB RI ke 11 kabupaten dan kota, Provinsi Maluku.

Orientasi program perdana ini di wakili Staf Ahli BNPB RI, Brigjen Pol (Purn) Hasanuddin, Jumat (31/01/2020), dengan cara menanam Porang secara simbolis di Desa Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Turut serta melakukan penanaman Porang bersama mantan Wakapolda Maluku ini, yakni Wakil Bupati Malteng, M Leleury, Kapolresta Pulau Ambon dan Pp Lease, Kombes Pol. Leo Surya Nugraha Simatupang, Wadansat Brimob Polda Maluku, AKBP Budhi Wardiman, dan perwakilan masyarakat. Penanaman dilakukan secara simbolis kurang lebih 30 anakan Porang.

Hasanuddin dalam sambutannya menyatakan, tujuan dilakukan penanaman tersebut, guna mencegah terjadinya kebakaran hutan, yang diketahui beberapa waktu terakhir, melanda hutan dan lahan di kawasan Pulau Ambon dan sekitarnya.

“Tanaman ini dapat menjaga fungsi hutan dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Devisa negara juga naik dan fungsi gelatin. Sebenarnya, kalau Porang ini di tanam sejak awal, maka tidak akan ada kebakaran hutan, karena pasti di jaga,” katanya.

Menurutnya, ribuan anakan Porang ini didatangkan dari luar Maluku, dan akan di sebarkan ke seluruh Kabupaten dan kota, agar bisa di tanam.

“Harga Porang itu 6 sampai 8 ribu per kilogram saat hujan. Tapi jika musim panas harganya bisa 9 hingga 12 ribu bahkan makin tinggi. Porang ini bisa jadi tepung, jadi pengganti nasi, karena bisa di buat jadi beras,” jelasnya.

Sementara itu, Wadansat Brimob Polda Maluku, ABKP Budhi Wardiman mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan Brimob berbagi dimana untuk menjaga alam.

“Kita jaga alam, agar semua masyarakat punya semangat yang sama. Mari kita jaga alam saat ini,” anjurnya. (S-01)

Pin It on Pinterest