Juni 24, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Gempa M 3,4 Guncang Amahai Akibat Aktivitas Sesar Lokal

Gempa M 3,4 Guncang Amahai Akibat Aktivitas Sesar Lokal

AMBON, SPEKTRUM – Gempabumi tektonik kembali menggguncang Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Rabu, (22/01/220), pukul 10:09:53 WIT. Gempa berkekuatan Magnitudo 3.4 SR ini berpusat di wilayah Kecamatan Amahai dan sekitarnya.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasoun Geofisika Ambon menunjukan, gempabumi ini memiliki kekuatan M=3.4. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.32 LS dan 128.92 BT, atau tepatnya berlokasi di laut 2 km Utara Masohi-Maluku Tengah, di kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

BMKG menjelaskan, dampak gempabumi berdasarkan informasi dari masyarakat dirasakan di Amahai II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Di daerah tersebut, guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 10:30 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempabumi susulan atau aftershock.

BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” anjur Sunardi, S.Kom,
Kepala Stasiun BMKG Stasiun Geofisika Ambon, Rabu, (22/01/2020).

Dia juga mengimbau masyarakat memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Gempabumi susulan M.3.3 juga terjadi pada pukul 13:36:26 WIT, Rabu, (22/0/2020). Lokasi gempa pada 24 kilometer Utara Kobisonta, 49 Kilometer Timur Wahai, Kabupaten Maluku Tengah, dengan kedalaman 24 Kilometer. BMKG menyimpulkan dua gempabumi ini juga tidak berpotensi tsunami. (S-14)

Pin It on Pinterest