Connect with us

Selamat Pagi

Perangi Narkoba Butuh Komitmen

Peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang atau Narkoba belum mampu ditumpas di Indonesia termasuk Maluku. Oknum leluasa menjual narkoba. Pemakai dan pengedar tak jarang bukan hanya masyarakat sipil saja, tetapi juga oknum aparat keamanan.

Ivonne Weflaar

Narkoba mengandung bahan kimia yang memengaruhi tubuh dan otak manusia, bahkan bisa merenggut nyawa. Beberapa efek dan konsekuensi kesehatannya bisa tahan lama bahkan  permanen.

Dampak yang berbahaya demikian, maka bisnis barang haram ini  seharusnya diperang dan ditumpas. Sebab Narkoba kini mengancam kehidupan generasi bangsa.

Narkoba dapat memecah belah otak generasi. Mengkonsumsi narkoba bisa mengubah perilaku sesorang berubah menjadi ketergantungan zat, atau kecanduan narkoba.

Dikutip dari berbagai sumber lebih dari 7 juta orang kini menderita kelainan obat terlarang, dan satu dari empat kematian karena menggunakan obat terlarang (narkoba).

Sudah menjadi rahasia umum banyak korban meninggal dunia setelah mengkonusi narkoba. Bahkan banyak pula terserang penyakit, hingga cacat mental akibat penyalahgunaan narkoba. Mereka yang candu narkoba akan menderita cedera.

Untuk pemberantasan narkoba, harus ada kekompakan. Bukan hanya aparat keamanan (polisi), tetapi semua pihak termasuk masyarakat harus bersama bergandengan tangan.

Penyelundupan narkoba khususnya ke Maluku, pastinya melalui dua pintu. Pertama dermaga/pelabuhan, dan kedua melalui bandara.

Pengawasan dan penjagaan di dua pintu tersebut patut ditingkatkan. Jika ada temuan sejatinya oknumnya, diproses sesuai hukum yang berlaku.

Disamping itu, kampanye melawan narkoba harus dilakukan secara berkesinambungan. Artinya, memerangi narkoba, bukan harus ada kasus, baru kampanye itu dilakukan.

Semua pihak harus sigap. Jangan menganggap sepele dengan peredaran narkoba. Sebab narkoba di Indonesia menjadi musuh bersama.

Ancaman dan keganasan narkoba yang demikian, harapannya semua pihak dapat kompak dan komitmen dalam upaya memberantas peredaran narkoba di negeri ini. Semoga…!! (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Selamat Pagi

  • Butuh Kebijakan Progresif Cegah Corona

    Social distance dan stay at home (tetap di rumah), tidak cukup. Perlu adanya kebijakan...

  • Cegah Korupsi Dalam Proyek

    Pelaksanaan proyek infrastruktur milik pemerintah masih rawan dengan praktek dugaan korupsi kolusi dan nepotisme...

  • Pilkada Bermartabat

    Kampanye pilkada damai selalu terdengung di mana-mana. Semua pihak berkeinginan pelaksanaan pilkada hingga berakhir,...

  • Pembalakan Liar

    Penebangan kayu nekat dilakukan secara illegal. Berbagai problem melatari masalah krusial ini. Trennya perijinan...

Spektrum