Connect with us

Metropolis

Cuaca Panas Sebabkan Lahan di Urimessing Terbakar

AMBON, SPEKTRUM – Cuaca panas yang berberkepanjangan rentan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Sebelumnya kebakaran hutan dan lahan terjadi di wilayah Passo.

Kamis (26/12/2019), sekira pukul 17:45 WIT, kebakaran juga melanda hutan dan lahan di Dusun Kusu Kusu Sereh, Rt 001/01, Negeri Urimessing, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Lahan milik Rido Puturuhu itu terbakar dugaan sementara, karena dipicu cuaca panas yang belakangan melanda Kota Ambon dan sekitarnya.

Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Julkisno Kaisupy menerangkan, sesuai keterangan Mariana Lewier (saksi), warga Kusu Kusu Sereh, sebelumnya saksi hendak keluar dari  rumahnya, tiba tiba melihat ada kumpalan asap tebal yang berjarak sekitar 50 meter dari rumahnya.  Saksi kemudian memanggil warga dan bersama sama menuju ke lokasi kebakaran.

Saksi bersama warga, kemudian berusaha untuk memadamkan api dengan alat seadanya. Namun api kian membesar dan sulit dipadamkan.

“Karena melihat api tambah besar, saksi langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran dan pada Pukul 17:55 Wit, tiga unit mobil Pemadam kota Ambon tiba dan langsung memadamkan kobaran api,”ujarnya.

Dari data yang diperoleh, lanjutnya, kebakaran yang terjadi menghangsukan seluas 100 x 50 meter. Beruntung, kebakaran ini tidak menimbulkan korban jiwa.

“Penyebab kebakaran belum di ketahui pasti namun diduga karena cuaca panas di wilayah kota Ambon,” timpalnya. (S-01)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metropolis