May 16, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Baronda ke LN, DPRD Bela Pemkot

Baronda ke LN, DPRD Bela Pemkot

ILUSTRASI /NET

Sering dikritik publik, pejabat Pemerintah Kota atau Pemkot, dan anggota DPRD Kota Ambon belum juga sadar. Agenda tour alias baronda ke Luar Negeri (LN), menguras keuangan daerah, justru tidak memupus hasrat mereka jalan jalan ke luar negeri.

AMBON, SPEKTRUM – Catatan Spektrum, Walikota dan Wakil Walikota, pimpinan SKPD, dan anggota DPRD Kota Ambon (2014-2019), sering baronda alias tamasya ke LN. Negeri Kincir Angin (Belanda) sering dikunjungi. Selain itu, beberapa negara di Asia dan Eropa lainnya pun disambangi.

Hasil akhir dari sekian agenda baronda pejabat Pemkot Ambon dan anggota DPRD Kota Ambon yang rajin ke LN, dinilai belum memberikan manfaat merata terhadap warga Kota Ambon umumnya. Wakil rakyat (DPRD kota Ambon), bukannya mengeritik Pemkot Ambon, mereka justru membela.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon Elly Toisutta mengatakan, agenda ke Belanda bukan semata-mata kepentingan pribadi. Ada hubungan Kota Ambon dan Kota Vlissingen, yang telah berjalan bertahun-tahun.Elly berdalih, dengan regulasi baru, Mendagri mengingatkan apabila ada kerjasama sister city dengan negara-negara lain, harus dibuat MoU yang baru.

“Pemerintah Kota Ambon ke Belanda untuk membuat MoU baru dengan Kota Vlissingen di bidang Kesehatan,” kata Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisutta, menjawab Spektrum via ponselnya, Jumat, (06/12/2019).

Dia mengklaim, dari agenda ke luar negeri setiap tahun warga Kota sudah menikmati hasilnya. Misalnya, operasi bibir sumbing, operasi katarak, operasi jantung.

“Kegiatan ini setiap dan memang sudah dirasakan oleh masyarakat Kota Ambon. Untuk tahun depan, kalau mau ada lagi di Ambon, regulasi baru itu harus membuat MoU yang baru sehingga Pemkot harus kembali kesana (belanda) didampingi oleh DPRD,” kata Elly Toisutta.Menyinggung soal DPRD diajak ke Belanda, Elly membenarkannya. “Pimpinan cuma dua, saya dengan Wakil dengan Ketua Komisi I yang bermitra dengan Dinas Kesehatan,” tepisnya.

Usai dari Belanda, kata dia, rencana Pemkot Ambon akan mengadakan Coffee Morning dengan wartawan untuk menjelaskan seluruh agenda dari perjalanan.

“Semua yang dilakukan semata-mata demi kepentingan warga Kota Ambon. bukan hanya masyarakat Kota Ambon, tapi masyarakat yang tinggal di kabupaten terdekat dengan Kota Ambon juga pernah merasakan kerjasama Pemkot dengan Kota Vlissingen. Kalau kita tidak tidaklanjuti betapa ruginya Kota Ambon,” klaimnya.

Menurut Elly, tindakan kesehatan yang dibuat oleh Kota Vlissingen dengan Kota Ambon sangat mendukung pelaksanaan operasi katarak, operasi bibir sumbing, operasi mata, dan operasi jantung.

Menyinggung soal keuangan Pemkot defisit, Ketua DPRD Kota Ambon ini justru membantah. “Siapa yang bilang defisit? Tidak ada defisit,” klaim Elly Toisutta.

Dia justeru mengatakan, bila defisit, berarti tidak ada pembangunan yang terselesaikan. Kalim ini berdasarkan APBD tahun 2020 dimana sudah diketuk DPRD.

“Kalau orang bilang defisit tidak betul. Defisit itu ada dua, yakni defisit terbuka dan defisit tertutup. Kalau terbuka itu sudah tidak bisa lagi ditutupi dari sisi manapun. Tapi kalau dari defisit tertutup bisa ditutupi dengan pembiayaan lain,” katanya.

Saat pembahasan APBD, kata dia, tahun 2019 ada defisif sekitar Rp11 miliar lebih. Dia mengklaim itu juga sudah ditutupi dengan dana silpa, yang dimaknainya seimbang untuk APBD tahun berikutnya.

Diketahui, APBD Kota Ambon tahun 2019 sebesar Rp.1,2 Triliun. Entah penggunaannya seperti apa, di lapangan justru ditengarai kota Ambon mengalami defisit keuangan berkisar Rp60 miliar, bahkan mencapai ratusan miliar.

Sebelumnya Walikota Richard Louhenapessy dan rombongan pernah ke Palestina, sempat mampir juga di Belanda. Tahun 2018 lalu, dua kali Richard dan rombongan berkunjung ke Belanda.

Awal 2019, istri Walikota juga membawa rombongan ke luar negeri Kurang lebih ada 24 orang. Mereka menyambangi Hongkong dan China. Tour istri Wali Kota dan rombongan ke Hongkong dan Cina, dengan dalil program PKK Kota Ambon. (S-07/S-14)

Pin It on Pinterest