Connect with us

Daerah

Kapolda Sampaikan Pesan Kapolri di HUT Ditpolairud

AMBON, SPEKTRUM – Syukuran perayaan HUT Direktorat Polairud Polda Maluku yang ke 69 Tahun, digelar secara sederhana, berpusat di lapangan upacara Ditpolairud Polda Maluku, yang berlokasi di Lateri, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Rabu, (04/13/2019).

Dalam syukuran tersebut, Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs. Royke Lumowa yang menyampaikan pesan Kapolri, Jenderal Idham Azis dalam amanatnya menyerukan, personil Polairud agar menjaga kesehatan pribadi dan keluarga serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang maha Esa.

Menjaga kehormatan pribadi, kesatuan dan institusi Polri, dengan tidak melakukan pelanggaran yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri.

Meningkatkan kinerja dan kerjasama yang sinergis dengan TNI, kementerian/lembaga dan seluruh elemen masyarakat disemua tingkatan guna mendukung berbagai agenda nasional dan kebijakan pemerintah.

Terus pelihara kesiapsiagaan personil, sarana dan prasarana pendukung serta persiapkan rencana dengan optimal dalam setiap tugas yang diberikan. Dan melakukan inovasi dan terobosan kreatif dalam memberikan pelayanan, khususnya di wilayah perairan serta pulau-pulau terluar, sehingga memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

“Pesan ini perlu dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh jajaran Polairud dimanapun berada. Dalam menjalankan tugas Polairud, 2019 ini, Polairud telah mendapat delapan Armada kapal dan satu unit helikopter bell 429. Dan direncanakan, akan ada penambahan kapal patroli cepat dan helikopter angkut. Maka dengan penambahan sarana itu. diharapkan eksistensi Polairud semakin dirasakan masyarakat maupun institusi Polri,”tandas Kapolri.

Oleh karena itu, perlu diingatkan kepada seluruh jajaran Polairud, untuk senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan personil, serta sarana dan prasarana pendukung dalam setiap pelaksanaan tugas.

“Kita memahami sungguh, bahwa tantangan Polair kedepan semakin kompleks. Dimana terdapat berbagai agenda nasional yang harus dikawal, seperti berbagai operasi khusus kepolisian dan antisipasi kejadian kontijensi lainnya, seperti bencana alam dan konflik sosial yang harus dapat segara ditanggulangi. Sebagaimana tema HUT, yakni ‘SDM Unggul dengan Almatsus Modern, Korpolairud Baharkam Polri Siap Menjaga Stabilitas Dalam Negeri,”tuturnya.

Tidak lupa, pada kesempatan itu, Kapolri menyampaikan selamat ulang tahun ke-69 kepada 7.795 personil Polairud dimanapun bertugas.

Dalam usia 69 tahun, Polairud diharapkan semakin profesional, unggul, moderen serta senantiasa menjadi kebanggaan masyarakat, bangsa dan negara.

Sementara itu, Kapolda Maluku juga menitip pesan bagi anggotanya di Polairud Polda Maluku, untuk tetap menjaga laut dengan keamanan dan keselamatan masyarakat di laut, terutama masyarakat di daerah daerah perbatasan dan terpencil di Maluku.

Kapolda juga berharap, diusia ke 69 tahun, Polairud bisa lebih sukses berkarya menjaga perairan, membantu kepolisian secara keseluruahan, bekerjasama dengan stakholder yang lain, seperti AL, Bakamla, Pemda, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota dalam menjaga laut dan melestarikannya.

“Menjaga keamanan maupun keselamatan masyarakat di laut, terutama di pulau pulau terluar dan terpencil walaupun dengan keterbatasan karena minimnya peralatan perkapalan kita, mau tidak mau harus menjaga keamana dan keselamatan di laut. Juga soal pengamanan diwilayah wilayah perbatasan, yang paling penting bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat,”harapnya.

Seperti diperbatasan negara Indonesia Timor Leste. Antara Pulau Lirang – MBD dan Atahuru – Timor Leste. Dimana masyarakat di dua daerah perbatasan ini saling keluar masuk, berinteraksi dalam hal perdagangan, dan itu tidak perlu fisa dan paspor, karena mereka sendiri merasa bahwa mereka satu walaupun berbeda negara sebenarnya.

“Jadi kerjasama itu penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat, khususnya di laut,”ujar Kapolda. (S-01)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daerah