Connect with us

Ekonomi

PD Panca Karya Benahi Manajemen

AMBON, SPEKTRUM – Perusahaan Daerah (PD{ Panca Karya mulai berbenah mengatasi masalah akibat buruknya managemen yang terjadi selama ini. Belum lagi, tidak ada penyertaan modal sejak awal.

“Tanpa penyertaan modal, karena modal awal tidak dimiliki perusahaan daerah, sejak berdirinya tahun 1963 PD Panca Karya tidak ada penyertaan modal,” kata Direktur Utama PD Panca Karya, Rusdy Ambon kepada wartawan di Ambon, kemarin.

Selain itu, kata dia, gedung kantor yang ditempati PD Panca Karya sejak tahun 1963 hingga saat ini belum pernah direhab. Akibatnya terjadi kerusakan parah bangunan tersebut.

“Bagaimana jika ada orang (investor) mau bermitra dengan kita, jika pada musim hujan kantornya kebanjiran, bocor sana-sini dan lainnya, ini masalah dan menyangkut kepercayaan,” ujarnya.

Setelah lima bulan berbenah, akhirnya PD Panca Karya bisa melunasi hak karyawan berupa pembayaran gaji bahkan mengirim dua orang karyawan mengikuti penguatan kapasitas di Makassar serta membayar hutang perusahaan.

“Semoga sertifikat agunan di BNI 46 Cabang Ambon bisa diambil dan tahun 2020 pembangunan kantor baru bisa dilaksanakan,” harapnya.

Diketahui, PD Panca Karya sempat mengalami pasang surut bahkan terancam kolaps. Hal ini terjadi lantaran amburadulnya managemen dan pengelolaan keuangan.

Setelah mengalami masa kejayaan di tahun 2004-2010, PD Panca Karya mulai merosot. Terutama di era kepemimpinan Saud Assagaff sebagai Gubernur Maluku.

Bahkan, untuk nelunasi pembayaran gaju karyawan, perusahaan yang bergerak di bidang transportasi, perbengkelan dan HPH ini harus mengagunkan sertifikat lagan kantor ke BNI 46 Ambon senilai Rp 3,5 miliar. (S-16)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ekonomi