Spektrum

Bersama Membangun Negeri

HUT Brimob Ke 74, Polda Maluku Angkat Kebudayaan Maluku

HUT Brimob Ke 74, Polda Maluku Angkat Kebudayaan Maluku

AMBON, SPEKTRUM – Puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Brimob Polda Maluku yang dipusatkan di Lapangan Upacara Brimob, Tantui-Ambon, Kamis (14/11/2019), berlangsung meriah.

Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 WIT itu, diakhiri dengan tarian kolosal yang melibatkan Anggota Brimob dan ibu ibu Bayangkhari Brimob Polda Maluku. Tarian kolosal yang melibatkan 101 orang itu adalah gabungan tarian masing masing Kabupaten/Kota di Maluku dengan kreasi dari Brimob Polda Maluku.

Selanjutnya ditutup dengan adengan 2 anggota Brimob yang turun dari ketinggian papan panjat tembing sambil melepaskan spanduk bertuliskan HUT Brimob.

Dalam upacara perayaan HUT Brimob itu, Wakapolda Maluku bertindak sebagai Inspektur Upacara dan sekaligus membacakan amanat Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Idham Azis. Amanat Kapolri berharap 41.170 personel Brimob seluruh indonesia semakin profesional, unggul, dan senantiasa menjadi kebanggaan masyarakat.

Korps Brimob, lanjut Kapolri, lahir, tumbuh, dan berkembang,
tidak terlepas dari sejarah panjang Kepolisian Negara Republik Indonesia maupun sejarah bangsa ini.

Pasca reformasi saat ini, Brimob senantiasa menjadi pasukan yang paling loyal dan dapat diandalkan oleh Polri dalam menghadapi ancaman dan gangguan Kamdagri yang berintensitas tinggi.

Melalui berbagai penugasan, Brimob Polri, telah menunjukan eksistensinya. Seperti keberhasilan dalam mendukung pengamanan Pilpres dan Pileg 2019, penanggulangan aksi terorisme, pengamanan Operasi Ketupat 2019, aksi unjuk rasa di Bawaslu pada Mei 2019, unjuk rasa terkait isu Papua, dan unjuk rasa penolakan berbagai UU dengan jumlah massa sangat besar beberapa bulan terakhir ini.

“Saya juga mengapresiasi peran aktif Brimob yang bergerak cepat dalam membantu penanganan dampak bencana tsunami di Banten dan Lampung, menanggulangi konflik sosial di Papua dan Papua Barat, serta mendukung penegakan hukum terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata,”ujar Kapolri.

Berkaitan dengan Korps Brimob Polri lahir, tumbuh, dan berkembang. Tidak terlepas dari sejarah panjang Kepolisian Negara Republik Indonesia maupun sejarah bangsa ini. Sejak dari zaman pra kemerdekaan sampai dengan pasca reformasi saat ini, Brimob senantiasa menjadi pasukan yang paling loyal dan dapat diandalkan oleh Polri dalam menghadapi ancaman dan gangguan Kamdagri yang berintensitas tinggi.

Selain itu, personil Brimob diminta untuk tingkatkan soliditas dan sinergisitas dengan personel TNI disemua tingkatan dengan kembangkan kerja sama dan kolaborasi dengan seluruh elemen bangsa, pemangku kepentingan, dan masyarakat, baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari. “Dan selalu menjaga kehormatan pribadi, kesatuan, dan institusi Polri, dengan menghindarkan diri dari berbagai persoalan,”tandasnya.

Sementara itu, Komadan Satuan Brimob Polda Maluku, Kombes Pol M Guntur kepada wartawan usai perayaan syukuran HUT Brimob menambahkan, tema tahun ini yakni “Brimob untuk Indonesia”, dimana Brimob Polda Maluku ingin mengangkat kebudayaan Maluku melalui tarian tarian gabungan setiap daerah dan kreasi Brimob.

“Kalau sebelumnya dalam perayaan HUT kita lebih menampilkan kemampuan personil. Kali ini kita ingin mengangkat budaya Maluku dalam perayaan HUT tahun ini agar lebih dikenal lagi,”ujarnya.

Sebelum menutup pernyataannya, Dansat Brimob Polda Maluku itu berharap, agar Brimob lebih dicintai oleh masyarakat. “Dan harapannya Brimob lebih lrofesional, moderen, terpercaya dan promoter. Serta tetap menjaga sinergitas dengan TNI sesuai program rioritaspriorita,”tandasnya (S-01)

Pin It on Pinterest