Connect with us

Metropolis

Kapolres Aru dan Maluku Tengah Diganti

AMBON, SPEKTRUM – Dua Kapolres jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Maluku masing-masing Kapolres Kepulauan Aru, AKBP Adolof Bormasa diganti oleh AKBP Eko Budiarto. dan Kapolres Maluku Tengah, AKBP Raja Arthur Simamora diganti oleh AKBP Hendrik Purwono.

Selain dua Pejabat Utama (PJU) Polda Maluku itu, Direktur Reskrimum dari Kombes Pol Antonius Wantry Yulianto juga digantikan oleh Kombes Pol Sih Harno. Sedangkan, Kabid Hukum dari Kombes Pol Sih Harno kepada AKBP Michael Ken Lingga.

Mereka dimutasi berdasarkan Surat Telegram Rahasia (STR) Nomor ST/2853/X/KEP./2019, dan ST/2855/X/KEP./2019, ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol. Drs Eko Indra Heri.

Dua Kapolres dan dua PJU ini menjalani serahterima jabatan di ruang rapat utama Polda Maluku, Tantui, Ambon Selasa, (05/11/2019). Sertijab dipimpin oleh Kapolda Maluku Irjen Pol. Royke Lumowa. Turut hadir Wakapolda, Irwasda dan personil Polda Maluku lainnya.

Uniknya, Sertijab dipimpin Kapolda melalui Videoconfrence. Dimana Kapolda yang menjadi Inspektur Upacara (Irup), saat itu berada di Gedung Puldalsis Mabes Polri Jakarta, sementara para Pejabat yang menjalani Sertijab dan peserta upacara, dalam ruang Rupatama Tantui, Ambon.

Soal ini, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Mohamad Roem Ohoirat mengatakan, Sertijab  melalui videoconference merupakan yang pertama kali dalam institusi Kepolisian.

“Kebetulan pak Kapolda sedang berada di Jakarta dalam rangka melaksanakan tugas negara, sehingga hari ini (Selasa red), kita  melaksanakan Sertijab Direktur Reskrimum, Kabidkum, Kapolres Malteng dan Kapolres Kepulauan Aru, melalui videoconference. Pak Kapolda videoconference langsung dari Mabes Polri,” kata Mohamad Roem Ohoirat kepada wartawan usai pelaksanaan Sertijab.

Diakuinya, dalam Surat Telegram itu juga terdapat nama Kapolres SBT, AKBP Saminata yang akan dimutasikan sebagai Wadir Sabhara Polda Maluku. Sementara jabatan Kapolres SBT akan ditempati oleh AKBP Adolof Bormasa. Sebelumnya Bormassa adalah Kapolres Kepulauan Aru. Namun, jabatan Kapolres SBT belum dilaksanakan Sertijab.

“Kapolres SBT belum Sertijab karena yang bersangkutan (AKBP Saminata), sementara melaksanakan umroh ke tanah suci Mekkah. Sertijab akan dilaksanakan setelah yang bersangkutan kembali, paling lambat minggu depan,”ujarnya.

Meskipun Sertijab dilakukan melalui sambungan teknologi, namun tidak mengurangi nilai dan khidmat dari kegiatan dimaksud. Selain itu, Kapolda berpesan kepada mereka yang menjalani Sertijab, segara menyesuaikan diri dengan lingkungan baru untuk melaksanakan tugas kepolisian yakni pelindung, pengayom maupun pelayan masyarakat.

“Beliau (Kapolda) menyampaikan terima kasih kepada para pejabat yang telah melaksanakan tugas mereka dengan baik. Dan kepada pejabat yang baru, segera menyesuaikan diri, dan melaksanakan tugas yang diemban,” timpalnya mengutip pesan Kapolda Maluku, seraya menambahkan rotasi jabatana di tubuh Polri adalah hal biasa. (S-01)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metropolis