Connect with us

Daerah

Gempa 5,0 SR Guncang Piru, Warga Sempat Panik

AMBON, SPEKTRUM – Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,0 SR mengguncang Piru, Ibukota Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku, pada pukul 01:25 WIT atau Pukul 11:25 WIB, Selasa, (05/11/2019) dini hari.

Letak gempabumi berada di lokasi 2.87 LS-127.67 BT (61 km Barat Piru – Kabupaten Seram Bagian Barat(SBB), 77 km Timur Laut Namlea – Kabupaten Buru). Kedalamannya, 10 km dirasakan di Piru, Kabupaten SBB IV MMI.

Gempa ini sempat membuat panik warga Piru dan sekitarnya. Terdengar teriakan warga “ada gempa, ada gempa” sambil berlarian keluar dari rumah mereka. Warga berhamburan di jalanan, karena takut bangunan roboh. Belum dapat dipastikan, ada bangunan rusak atau tidak.

Setelah situasi reda, tampak warga ada yang kembali masuk ke rumah-rumah mereka, dan sebagiannya memilih untuk tetap berada di luar rumah.

Berdasarkan update Badan Meterologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon menyatakan, gempabumi Magnotudo 5,0 SR tersebut tidak berpotensi terjadinya tsunami.

Sementara itu, pada pukul 02:42 WIT Selasa (5/11/2019) dini hari, juga terjadi Gempabumi susulan dengan Magnitudo 2,5 SR.

Lokasinya 3.39 LS-128.38 BT (6 kmTenggara Kairatu – Kabupaten Seram Bagian Barat, 36 km Barat Laut Saparua – Kabupaten Maluku Tengah, dengan kedalaman 10 km, dirasakan di Kairatu III MMI. Gempa susulan ini tidak berpotensi tsunami.

BMKG Stasiun Geofisika Ambon mengimbau warga untuk tetap tenang, dan tidak terpancing dengan isu-isu yang sipatnya hoaks alias bohong. (S-14)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daerah