May 7, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Mabes Polri Bantu Korban Gempa Maluku

Mabes Polri Bantu Korban Gempa Maluku

AMBON, SPEKTRUM – Bantuan bagi korban gempa Maluku terus berdatangan. Selain Polda Maluku,   Mabes Polri juga menunjukan kepedulian terhadap warga yang menjadi korban terdampak gempabumi di Maluku.

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Condro Kirono dan rombongan mengirimkan bantuan kepada korban gempa di Maluku, didampingi Kakor Binmas Polri Irjen Pol Heri Wibowo dan Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa, Direktur Poludara Brigjen Pol Anang Syarif, Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Teguh Sarwono, serta sejumlah pejabat utama Polda Maluku, Kamis (10/10/2019),

Bantuan Mabes Polri itu dibagikan untuk pengungsi di Desa Waai, Liang, Kecamatan Salahutu, dan Pelauw Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah. Bantuan yang diberikan berupa sembako, selimut, sarung, susu dan kebutuhan pokok lainnya, serta pengobatan umum dari tim Dokter Polri dan trauma healing dari tim psikologi Polri.

Menyangkut hal ini, Kabaharkam  mengatakan, kehadirannya di tengah-tengah pengungsi mewakili Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian, untuk menyerahkan bantuan dan melihat langsung kondisi pengungsi di tenda-tenda pengungsian.

“Saya hadir disini mewakili bapak Kapolri dalam rangka melihat secara langsung kondisi korban gempa bumi di Maluku, khususnya pulau Ambon dan Pulau Haruku,”kata mantan Kapolda Riau itu, kepada Wartawan, disela-sela penyerahan bantuan.

Kepada para pengungsi, Kabaharkam mengatakan, bahwa bantuan yang diberikan sudah pasti belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan para pengunsi secara keseluruhan, namun setidaknya dapat meringankan sedikit beban dari para pengunsi.

“Setelah saya (Kabaharkam) kembali dari sini (Maluku), saya akan laporkan kepada pimpinan terkait dengan masih minimnya kebutuhan para pengunsi yang belum terpenuhi. Tadi juga kita dengar keluhan pengungsi soal kebutuhan tenda yang representatif, sebab tenda-tenda mereka tidak layak. Maunya pengungsi, tenda-tenda itu sepertinya punyanya TNI-Polri dan itu juga yang akan kita laporkan kepada pimpinan dengan harapan akan ada bantuan lagi dari Mabes,” tandasnya.

Selain menyerahkan bantuan, Kabaharkamm, Kakor Binmas, dan Dirpoludara, bersama Kapolda dan Wakapolda serta PJU meninjau langsung pelayanan kesehatan kepada para korban gempa. Selanjutnya mereka juga meninjau pelaksanaan trauma healing atau pemulihan trauma pasca terjadinya gempa bumi bagi pengungsi, terutama anak-anak di lokasi-lokasi pengungsian di tiga Desa tersebut. (S-01)

Pin It on Pinterest