Connect with us

Politik

Kecuali Komite II, Semua Pimpinan AKD DPD RI Dipilih Lewat Musyawarah Mufakat

Jakarta – Dari empat komite dan enam Alat Kelangkapan Dewan (AKD) non komite Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI masa bakti 2019-2020, hanya pada proses pemilihan Pimpinan Komite II DPD RI saja yang ditentukan lewat mekanisme pemungutan suara atau voting.

“Di luar Komite II itu, proses pemilihan pimpinannya menempuh cara musyawarah mufakat,” kata Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, didampingi Sekjen DPD RI Reydonnyzar Moenek, di Gedung B DPD RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta (8/10/2019).

La Nyalla yang langsung memimpin pemilihan Pimpinan Komite III DPD RI mengatakan, pada rapat Pimpinan DPD RI sebelumnya telah disepakat mengenai Pimpinan AKD DPD RI. Semua pimpinan dipilih terlebih dahulu dari sub-wilayah masing-masing yaitu Indonesia wilayah Barat I, Barat 2 dan Timur 1 dan Timur 2, baru kemudian dilakukan pemilihan ketua dan wakil ketua di masing-masing alat kelengkapan Utama Komite dan Non Komite.

“Sebagian besar Pimpinan AKD yang dipilih melalui mekanisme musyawarah dan mufakat. Saya harap yang terpilih bekerja secara kolektif kolegial dalam memperjuangkan kerja konstitusional DPD RI dan mengawal untuk kepentingan daerah. Saat ini banyak Pimpinan AKD yang terpilih dari kalangan muda, saya harap mudah-mudahan ini bisa jadi penerus kami-kami yang senior,” ujar La Nyalla.

Pemilihan Pimpinan Komite III DPD RI yang dilakukan secara musyawarah mufakat menyepakati Bambang Sutrisno (Jawa Tengah) dengan tiga wakil yaitu Evi Apita Maya (Nusa Tenggara Barat), Muhamammad Gazali (Riau) dan M Rahman (Kalimantan Tengah).

Sedangkan musyawarah mufakat pemilihan Pimpinan Ketua Komite IV DPD RI yang dipimpin oleh Wakil Ketua I DPD RI Nono Sampono menyepakati Elviana (Jambi) sebagai ketua dengan para wakil ketua yaitu Sukiryanto (Kalimantan Barat), Casytha A. Kathmandanu (Jawa Tengah), dan Novita Anakotta (Maluku).

“Semoga Komite IV di bawah kepemimpinan Ibu Elviana dapat menjadikan kinerja alat kelengkapan ini semakin baik, melalui hubungan baik dengan mitra-mitra kerja,” ujar Nono.

Sementara itu, Wakil Ketua II DPD RI Mahyudin memimpin pemilihan Pimpinan Komite I DPD RI menyepakati Agustus Teras Narang (Kalimantan Tengah) sebagai ketua, yang diperkuat dengan tiga wakil ketua yaitu Fachrul Razi (Aceh), Djafar Alkatiri (Sulawesi Utara), dan Abdul Kholik (Jawa Tengah).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Politik